Selasa, 05 April 2011

DEPOK menuju kota pendidikan ..

Kawasan Depok pada awalnya menjadi salah satu wilayah Kabupaten Bogor yang berstatus sebagai Kota Administratif yang kemudian berkembang menjadi daerah otonom dengan sebutan Kota Depok. Sejak menjadi daerah otonom, Kota Depok mengalamai perkembangan yang pesat di berbagai wilayah, terutama wilayah strategis seperti kawasan Sawangan dan Margonda. 

Perkembangan Kota Depok tentu tidak lepas dari pengaruh kondisi dinamis perekonomian DKI Jakarta yang dipandang sebagai salah satu daerah penyanggah bagi kondisi dinamis kehidupan sosial ekonomi, kehidupan sosial budaya dan kehidupan sosial politik di wilayah DKI Jakarta. Pengaruh ini antara lain berlangsung melalui aktivitas sebagian penduduk Kota Depok yang bekerja atau berusaha di Jakarta. Karena itu, perkembangan wilayah Kota Depok cenderung pararel dengan perkembangan wilayah DKI Jakarta.

Salah satu konsekuensi logis dari perkembangan Kota Depok adalah kini Kota Depok berkembang menjadi kota pendidikan yang mengundang peserta didik dari berbagai daerah di Indonesia. Perkembangan ini terjadi sejak dibangunnya kampus Universitas Indonesia dan Universitas Gunadharma serta sejumlah sekolah tinggi swasta di sekitar kawasan strategis Kota Depok. Bahkan terdapat sejumlah kampus program pendidikan yang diselenggarakan oleh sejumlah universitas atau sekolah tinggi swasta yang justru pusatnya berada jauh di luar Kota Depok. Penyelenggaraan program pendidikan seperti ini berlangsung di Kota Depok karena mungkin didasarkan pada pertimbangan bisnis bahwa Kota Depok yang berkembang menjadi kota pendidikan merupakan target market yang potensial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

LORONG HITAM :) Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Baby Blog